UN SD di Sumut Lulus 100%

MEDAN (Berita): Kelulusan Ujian Nasional di Sumatera Utara (Sumut) jenjang Sekolah Dasar (SD) mencapai 100% dari jumlah peserta 279.928 orang jenjnag SD/SDLB/MI.
Berdasar data Dinas Pendidikan Sumut, nilai rata-rata kelulusan SD pada tahun ini juga mengalami peningkatan, yakni dari 6,6 pada 2010 menjadi 7,31 pada 2011.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus Disdik Sumut, Hendri usai mengumumkan hasil UN tingkat SD di Dinas Pendidikan Sumut, Jalan T Cik Ditiro, Sabtu (18/6).

Dia menyebutkan dari 33 kabupaten/kota, nilai UN tertinggi diperoleh Padang Sidempuan dengan nilai rata-rata Bahasa Indonesia 8,0, Matematika 8,21, dan IPA 8,17. “Sekolah yang mencapai nilai UN tertinggi di Sumut yakni SD Swasta Sari Puti Padangsidempuan,” sebutnya.

Di peringkat kedua, lanjutnya, Kabupaten Langkat dengan perolehan nilai Bahasa Indonesia 7,8, Matematika 7,85, dan IPA 7,87. Peringkat ketiga Kota Sibolga yang memeroleh nilai Bahasa Indonesia 7,81, Matematika 7,67, dan IPA 7,79.

Seperti yang diketahui bahwa kelulusan siswa SD yang mengikuti UN tahun ajaran 2010/2011 sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah melalui rapat dewan guru di sekolah masing-masing.

“Berbeda dengan UN tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat yang kelulusannya menerapkan 40:60, yakni 40 persen ditentukan berdasarkan ujian sekolah dan 60 persen dari hasil UN,” katanya.

Namun untuk siswa SD, katanya, wewenang kelulusan sepenuhnya diberikan kepada pihak sekolah. Namun tentunya tetap berpegang kepada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pusat dalam hal penilaian kelulusan untuk siswa SD.

“Salah satu syarat yang harus dipenuhi misalnya siswa harus benar-benar menyelesaikan pelajarannya dari kelas 1-6 atau 12 semester dan memang lulus dalam ujian nasional sesuai nilai yang telah ditetapkan,” katanya.

Dari jumlah 279.928 orang, lanjutnya, yang mengikuti UN pada 2011 sebanyak 275.526 orang dan yang absen sebanyak 4.402 orang atau 1,57% yang absen.
Sementara itu,dia juga menghimbau kepada kabupaten/kota agar segera melengkapi data dan mengirim kembali data-data hasil UN siswanya ke Disdik Sumut untuk dikirim ke Jakarta.

Dia mengatakan batas waktu yang diberikan selama dua minggu. “Jika ada kesalahan nantinya setelah tenggat waktu yang diberikan, pihak Disdik Sumut tidak bertanggungjawab. Begitujuga soal SKHUN, kebetulan untuk SD sudah siap kemarin,” tegasnya.(aje)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s