Fatayat Jatim Gelar Lomba Dongeng

SURABAYA, KOMPAS.com–Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, menggelar lomba dongeng dalam rangkaian “Festival Pendidikan Keaksaraan dan PAUD” di kawasan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) pada 22-24 Juli 2011.

“Kami menggelar festival itu untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN), sekaligus untuk mengembangkan program pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan dan ekonomi,” kata Ketua PW Fatayat NU Jatim, Dra Hj Faridatul Hanum di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan pihaknya ingin menggerakkan komitmen seluruh bangsa untuk menyelenggarakan pendidikan bagi semua orang, sejak lahir sampai menjelang ajal, karena kualitas hidup manusia bisa ditingkatkan melalui pendidikan.

“Kita lihat, Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) Indonesia saat ini masih rendah di dunia, yakni berada pada urutan 111 dari 177 negara, sedang di tingkat ASEAN berada pada urutan tujuh dari 10 negara,” paparnya.

Festival akan diisi beragam acara, di antaranya tayang-bincang (“talkshow”) dongeng dan lomba dongeng anak untuk kegiatan di bidang pendidikan.

Untuk kegiatan di bidang pemberdayaan ekonomi, katanya, ada pelatihan “entrepreneurship” (kewirausahaan), ekspo koperasi, produk unggulan, dan bazar murah.

“Ada 180 peserta dari seluruh Jawa Timur yang telah mendaftar pelatihan. Untuk talkshow dongeng dan lomba dongeng anak tercatat sebanyak 200 peserta,” tuturnya.

Untuk ekspo koperasi, produk unggulan dan bazar murah, katanya, panitia menyiapkan 50 stan di seputar kawasan MAS.

Ia berharap festival bisa menjadi sarana motivasi bagi penyelenggara, tutor, dan warga untuk terus belajar dalam meningkatkan kompetensi keberaksaraan.

“Kami juga berharap rangkaian kegiatan menyambut Ramadhan itu juga akan menambah wawasan dan keterampilan dalam metode pembelajaran PAUD,” katanya, berharap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s