Wakil Surabaya dalam Olimpiade Sains Nasional Didominasi SMA Swasta

SURABAYA | SURYA Online – Sekolah negeri tak berdaya menghadapi sekolah swasta dalam prestasi olimpiade sains tingkat Jawa Timur. Dalam ajang adu kepandaian di bidang MIPA, komputer, astronomi, dan ekonomi, Surabaya hanya menempatkan SMAN 5 sebagai wakil Surabaya ke Olimpiade Sains Nasional (OSN).

SMA-SMA negeri yang lain nyaris tak ada wakil dalam adu kepandaian di bidang akademik ini. Dari 23 siswa yang dinyatakan mewakili Surabaya ke OSN, semua didominasi SMAK Petra dan SMAK St Louis.

Ada 17 siswa SMA swasta ini yang lolos ke OSN. Sementara SMAN 5 hanya lima siswa dan satu siswa dari SMAN 15. Itu pun yang dari sekolah negeri ini tak ada yang jago matematika. Mereka hanya juara dua di bidang biologi, kimia, ekonomi, dan astronomi.

Dalam catatan Dinas Pendidikan Surabaya, praktis hanya SMAN 5 yang mampu memberikan perlawanan dalam olimpiade sains tingkat provinsi yang belum lama ini berakhir. “Ini menjadi catatan kami. Ada kecenderungan memang sekolah negeri kalah dibanding sekolah swasta dalam bidang MIPA,” aku Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dindik Surabaya, Ruddy Winarko, Kamis (21/7/2011).

Ke-23 siswa yang telah menjuarai olimpiade sains provinsi tersebut akan dikirim ke nasional. Adu kepintaran di bidang studi pelajaran tingkat nasional tersebut akan digelar di Menado, 12 – 17 September mendatang. “Meski enam wakil dari SMA negeri, mudah-mudahan saat mengerjakan soal bidang studinya bisa lebih baik,” ucap Ruddy. Faiq Nuraini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s